LENGKAP! Cara Mudah Mengubah Not Angka menjadi Chord Minor, Mayor, ataupun Crash
Cara Mudah Mengubah Not Angka menjadi Chord Minor, Mayor, ataupun Crash
Materi I (Pengenalan Sekilas Chord Minor, Mayor, ataupun Crash)
Sebelum kita belajar untuk mengubah Not Angka menjadi menjadi Chord Minor, Mayor, ataupun Crash, yuk sekilas kita lihat Daftar lengkap chord mayor, minor, dan crash dari C sampai B dalam not angka:1. Chord Mayor (1 - 3 - 5)
Chord |
Not Angka |
Nada |
C |
1 - 3 - 5 |
C - E - G |
C# |
2 - 4 - 6 |
C# - F - G# |
D |
2 - 4 - 6 |
D - F# - A |
D# |
3 - 5 - 7 |
D# - G - A# |
E |
3 - 5 - 7 |
E - G# - B |
F |
4 - 6 - 1 |
F - A - C |
F# |
5 - 7 - 2 |
F# - A# - C# |
G |
5 - 7 - 2 |
G - B - D |
G# |
6 - 1 - 3 |
G# - C - D# |
A |
6 - 1 - 3 |
A - C# - E |
A# |
7 - 2 - 4 |
A# - D - F |
B |
7 - 2 - 4 |
B - D# - F# |
2. Chord Minor (1 - ♭3 - 5)
Chord |
Not Angka |
Nada |
Cm |
1 - ♭3 - 5 |
C - E♭ - G |
C#m |
2 - ♭4 - 6 |
C# - E - G# |
Dm |
2 - ♭4 - 6 |
D - F - A |
D#m |
3 - ♭5 - 7 |
D# - F# - A# |
Em |
3 - ♭5 - 7 |
E - G - B |
Fm |
4 - ♭6 - 1 |
F - G# - C |
F#m |
5 - ♭7 - 2 |
F# - A - C# |
Gm |
5 - ♭7 - 2 |
G - A# - D |
G#m |
6 - ♭1 - 3 |
G# - B - D# |
Am |
6 - ♭1 - 3 |
A - C - E |
A#m |
7 - ♭2 - 4 |
A# - C# - F |
Bm |
7 - ♭2 - 4 |
B - D - F# |
3. Chord Crash (1 - 2 - 5 atau variasi interval dekat lainnya)
Chord |
Not Angka |
Nada |
C Crash |
1 - 2 - 5 |
C - D - G |
C# Crash |
2 - 3 - 6 |
C# - D# - G# |
D Crash |
2 - 3 - 6 |
D - E - A |
D# Crash |
3 - 4 - 7 |
D# - F - A# |
E Crash |
3 - 4 - 7 |
E - F# - B |
F Crash |
4 - 5 - 1 |
F - G - C |
F# Crash |
5 - 6 - 2 |
F# - G# - C# |
G Crash |
5 - 6 - 2 |
G - A - D |
G# Crash |
6 - 7 - 3 |
G# - A# - D# |
A Crash |
6 - 7 - 3 |
A - B - E |
A# Crash |
7 - 1 - 4 |
A# - C - F |
B Crash |
7 - 1 - 4 |
B - C# - F# |
Catatan:
- Chord mayor terdengar cerah (1 - 3 - 5).
- Chord minor lebih melankolis (1 - ♭3 - 5).
- Chord crash cenderung terdengar "bertabrakan" karena interval dekat
Materi II (Materi Dasar Not Angka, Nada, dan Chord)
1. Not Angka
Not angka adalah sistem penulisan musik menggunakan angka 1–7 untuk mewakili nada-nada dalam tangga nada diatonis.
Tabel Not Angka dalam Tangga Nada Mayor
- Not angka bisa diberi tanda titik:
- Titik di bawah (•) → Nada lebih rendah (oktaf bawah)
- Titik di atas (•) → Nada lebih tinggi (oktaf atas)
- Misal: •1 (C rendah), 1 (C normal), 1' (C tinggi)
2. Nada
Nada adalah bunyi yang memiliki frekuensi tertentu dan bisa ditata dalam skala musik.
- Nada Mayor → Cerah, bahagia (C - D - E - F - G - A - B - C)
- Nada Minor → Sedih, mellow (C - D - E♭ - F - G - A♭ - B♭ - C)
- Nada Kres (#) & Mol (♭)
- Kres (#): Nada naik setengah (C → C#)
- Mol (♭): Nada turun setengah (D → D♭)
- Nada Enharmonis → Nada yang sama tapi nama berbeda
- C# = D♭, F# = G♭, B# = C, C♭ = B
3. Chord (Akor)
Chord adalah gabungan beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan.
4. Hubungan Not Angka, Nada, dan Chord
- Not angka membantu membaca melodi lagu dengan angka 1–7.
- Nada menunjukkan tinggi-rendahnya suara dalam musik.
- Chord adalah kombinasi beberapa nada untuk menciptakan harmoni.
Contoh:
- Lagu dengan not angka: 1 - 3 - 5 - 5 - 6 - 5 - 3 (Do - Mi - Sol - Sol - La - Sol - Mi)
- Lagu diiringi dengan chord C mayor (C - E - G)
Materi III (Materi Tambahan Dasar Not Tanda Kres (#) dan Mol (♭)
Catatan untuk Tanda Kres (#) dan Mol (♭)
Tanda kres (#) dan mol (♭) adalah simbol dalam musik yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan nada.
1. Tanda Kres (#)
-
Fungsi: Menaikkan nada setengah nada (1 semitone).
-
Contoh:
- C → C#
- D → D#
- F → F#
-
Beberapa nada unik dengan kres:
- E# = F (karena tidak ada tuts hitam di antara E dan F).
- B# = C (karena tidak ada tuts hitam di antara B dan C).
2. Tanda Mol (♭)
-
Fungsi: Menurunkan nada setengah nada (1 semitone).
-
Contoh:
- D → D♭
- E → E♭
- A → A♭
-
Beberapa nada unik dengan mol:
- C♭ = B
- F♭ = E
3. Nada Enharmonis (Nada yang Sama, Nama Berbeda)
Beberapa nada memiliki dua nama yang berbeda tetapi suaranya sama.
Nada 1 | = | Nada 2 |
---|---|---|
C# | = | D♭ |
D# | = | E♭ |
F# | = | G♭ |
G# | = | A♭ |
A# | = | B♭ |
B# | = | C |
C♭ | = | B |
E# | = | F |
F♭ | = | E |
4. Penggunaan Kres (#) dan Mol (♭) dalam Musik
- Kres (#) banyak dipakai dalam tangga nada dengan lebih banyak nada naik, seperti G mayor, D mayor, A mayor.
- Mol (♭) banyak digunakan dalam tangga nada yang lebih bernuansa datar, seperti F mayor, B♭ mayor, E♭ mayor.
- Nada enharmonis digunakan tergantung konteks skala atau progresi akor dalam musik.
Materi IV (Materi dan Catatan Chord Mayor)
1. Rumus Chord Mayor
Chord mayor dibentuk dari nada ke-1, ke-3, dan ke-5 dalam tangga nada mayor.
- Rumus: 1 - 3 - 5
- Tidak ada nada yang diturunkan atau dinaikkan.
2. Cara Cepat Menemukan Chord Mayor
- Gunakan tangga nada mayor sebagai referensi.
- Ambil nada ke-1 (root), ke-3, dan ke-5 dari tangga nada tersebut.
Contoh:
-
C Mayor → Tangga nada C mayor: C - D - E - F - G - A - B - C
- Ambil nada ke-1, ke-3, dan ke-5 → C - E - G
- Chord C Mayor = C - E - G (1 - 3 - 5)
-
G Mayor → Tangga nada G mayor: G - A - B - C - D - E - F# - G
- Ambil nada ke-1, ke-3, dan ke-5 → G - B - D
- Chord G Mayor = G - B - D (1 - 3 - 5)
3. Ciri Khas Chord Mayor
- Memiliki suara ceria, bahagia, dan terang.
- Sering digunakan dalam lagu-lagu pop, rock, dan lagu bertema semangat atau bahagia.
Materi V (Materi dan Catatan Chord Minor)
1. Rumus Chord Minor
Chord minor dibentuk dengan 1 - ♭3 - 5 dari tangga nada mayor.
- ♭3 berarti nada ketiga diturunkan setengah nada dari skala mayor.
- Contoh:
- C Mayor (C - E - G) → C Minor (C - E♭ - G)
- D Mayor (D - F# - A) → D Minor (D - F - A)
2. Cara Cepat Menemukan Chord Minor
- Ambil chord mayor → Turunkan nada ke-3 setengah nada
- Gunakan tangga nada minor sebagai referensi
Contoh:
- C Mayor (C - E - G) → E diturunkan ke E♭ → C Minor (C - E♭ - G)
- A Mayor (A - C# - E) → C# diturunkan ke C → A Minor (A - C - E)
3. Ciri Khas Chord Minor
- Suaranya lebih sedih atau mellow dibandingkan chord mayor.
- Banyak digunakan dalam lagu-lagu bertema melankolis, ballad, jazz, dan blues.
Materi VI (Materi dan Catatan Chord Crash)
Dalam musik, istilah "chord crash" sebenarnya tidak ada secara teori resmi, tapi kemungkinan yang kamu maksud adalah:
- Chord yang terdengar "tabrakan" atau tidak harmonis
- Chord dengan tambahan nada yang lebih kompleks seperti dissonance chord, augmented, diminished, atau sus chord
- Chord dengan suara bentrok, sering dipakai di musik jazz, rock, atau eksperimental
Kalau yang kamu maksud chord dengan suara "crash" atau bentrok, berikut beberapa jenis chord yang bisa termasuk:
1. Chord Dissonance (Bentrok)
Chord yang mengandung interval dissonan, misalnya tritonus (interval 3 nada penuh) atau semitone clash.
Contoh:
- C7♭9 → C - E - G - B♭ - D♭
- D7♯9 ("Hendrix Chord") → D - F# - A - C - E#
2. Chord Augmented (Terdengar Tajam & Tidak Stabil)
Chord augmented (+) menaikkan nada ke-5 setengah nada.
- C Aug (C+) → C - E - G#
- D Aug (D+) → D - F# - A#
3. Chord Diminished (Suara Menegangkan)
Chord diminished (dim atau °) menurunkan nada ke-3 dan ke-5 setengah nada.
- Cdim (C°) → C - E♭ - G♭
- Ddim (D°) → D - F - A♭
4. Chord Suspended (Sus) - Menggantung, Tidak Stabil
- C Sus 2 (Csus2) → C - D - G
- C Sus 4 (Csus4) → C - F - G
5. Chord Cluster (Nada Berdekatan, Tabrakan)
Cluster chord berisi beberapa nada yang berdekatan sehingga terdengar seperti tabrakan.
Contoh:
- C Cluster → C - C# - D - E
- G Cluster → G - A♭ - A - B
Catatan
- Tidak ada chord resmi bernama "chord crash", tapi bisa merujuk pada chord dissonan, augmented, diminished, sus, atau cluster.
- Chord seperti ini sering dipakai dalam jazz, rock, musik eksperimental, atau soundtrack film horor.
Rangkuman
My Youtube😇
addmasya-Youtube
Rangkuman
Rangkuman Materi Chord
Woke Sekian Terimakasih, semangat belajar temen-temen🤩🙏
Komentar
Posting Komentar
Bijak, cermat, dan stay positive